Minggu, 29 September 2019

MENYUSUN PAKET WISATA

4. Menyusun Paket Wisata
Dalam penyusunan paket wisata, perlu dipertimbangkan faktor-faktor:
Lingkungan ekonomi atau financial
Lingkungan hidup, terutama menyangkut pemanfaatan objek wisata dan budaya/nilai-nilai yang dianut masyarakat di lokasi wisata maupun asal wisatawan.
Target market/pasar dari produk wisata, dalam arti: a. saingan dari produk wisata sejenis,
b.     karakteristik wisatawan,
c.      detail produk wisata,
d.     kelayakan harga paket (dibandingkan nilai produk).
Pemilihan peralatan dan teknik yang akan digunakan selama kegiatan berlangsung (mulai dari persiapan produk sampai dengan pasca produk wisata/ setelah wisatawan menikmati paket wisata).
Sarana dan fasilitas perjalanan termasuk pada objek wisata.
Mutu/kualifikasi dari pengelola paket tour (mulai dari survey, tour planner, promosi, sales, tour guide, dan lain-lain).
Peraturan dan perundang-undangan dari pemerintah lokal/pusat maupun dari negara asal wisatawan.
Pengetahuan /wawasan dari seorang tour planner harus selalu dikembangkan, sesuai dengan daerah tujuan wisata,
Ciri-ciri utama dari sebuah perjalanan wisata adalah:
Merupakan sebuah perjalanan keliling, dari suatu tempat ke tempat-tempat tujuan, tinggal untuk sementara, dan kembali lagi ke tempat asal.
Dilaksanakan dalam keadaan relax, aman, dan menyenangkan, dan tidak untuk mencari nafkah di tempat tujuan.
Bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan.
Suatu perjalanan yang merupakan rangkaian dari bermacam-macam komponen perjalanan yang sudah direncanakan terlebih dahulu.
Memasukkan berbagai komponen objek dan daya tarik wisata.
Lama perjalanan dalam waktu yang ditentukan.

5. Perbedaan Berwisata dengan Memanfaatkan Paket Tour dan Berwisata Tanpa Menggunakan Jasa Biro Perjalanan

Komponen
Paket
 Tour
Prib
adi
Kekuatan
Kelemahan
Kekuatan
Kelemahan
Biaya
Terencana,
Terikat pada
Lebih
Lebih boros

lebih murah
perjanjian tour
mahal

Waktu
Terjadwal
Tidak bebas
Bebas
Waktu terbuang
Sosial
Dapat
Diperlukan
Bebas
Tidak ada

berinteraksi
penyesuaian

teman baru
Wawasan
Tersedia
Mencari
Mencari

informasi

sendiri
sendiri
Objek
Terprogram
Hanya dalam
Bebas
Sering


paket

berubah
Transportasi
Tersedia
Terikat
Bebas
Urus sendiri
Keamanan
Jaminan
Tidak pasti
Urus sendiri
Akomodasi
Jaminan
Bebas
Belum pasti
Perjalanan Mengurus Sendiri (Tidak Menggunakan Jasa Perusahaan Perjalanan)
Wisatawan melakukan sendiri semua persiapan aktifitas perjalanan, yang biasanya jarang sekali dilakukan oleh mereka adalah:
Persiapan
Akibat
Tidak booking terlebih dahulu
Seringkali tidak dapat tempat/room/seat
Tidak memilih perusahaan
Bukan yang terbaik/tidak setara dengan
pemasok/komponen tour
harga
Sulit melakukan negosiasi harga
Harga yang didapat adalah pubish rate
Tidak memiliki pedoman/informasi tentang route perjalanan/lokasi objek, resto, akomodasi
Sering kali buang waktu karena kesasar
Tidak menyusun route dan perhitungan waktu – jarak tempuh
Route/itinerary yang tidak sistimatis
Prakiraan biaya tidak tepat
Tidak terduga
Sibuk dengan persiapan
Kelelahan dan kurang relax
Menggunakan Jasa Perusahaan Perjalanan (Ready Made atau Tailor Made)
Wisatawan dibantu oleh perusahaan perjalanan untuk menyusun semua persiapan aktifitas perjalanan:
Persiapan yang dilakukan
Akibat
Melakukan booking terlebih dahulu
Pasti mendapat tempat/room/seat
Memilih perusahaan pemasok/komponen tour
Yang terbaik/tidak setara dengan harga
Negosiasi harga
Harga contract/corporate/spesial discount
Peta perjalanan/lokasi objek, resto, akomodasi
Waktu yang terjadwal dan lokasi jelas
Route dan perhitungan waktu – jarak tempuh
Route/itinerary yang sistimatis
Prakiraan biaya
Terukur/pasti
Kelelahan dan relax
Enjoy dan relax

Tidak ada komentar:

Posting Komentar